Sabtu, 10 Desember 2011 - , 0 komentar

Psychedelic Rock

Aliran musik rock ini mungkin peminatnya tidak sebanyak aliran rock lain semacam metal, rock n' roll, ataupun lain sebagainya.Tetapi,jenis ini pernah diminati oleh orang-orang pada akhir 60-an,terutama ketika kaum hippies yang menentang Perang Vietnam muncul. Saat itu obat-obatan terlarang banyak dikonsumsi,sehingga musik era itu juga terpengaruh olehnya.

Kenapa musisi akhirnya menemukan genre baru,psychedelic ? Ya, jelas mereka mengonsumsi obat-obatan seperti mariyuana atau LSD (obat bius).Mereka pikir, obat-obatan tersebut membantu mereka membuka pikiran dan menciptakan ilusinasi menarik yg bisa dijadikan sebagai lagu.Di tahun 1966, psychedelic rock telah menjadi semacam lagu para hippies.
The 13th Floor Elevators,band pertama yang mengumumkan nama Psychedelic Rock. Warna yang beragam adalah ciri khas hippies.

Apa itu psychedelic ?
Psychedelic adalah musik rock yang berakar dari rock,blues rock,folk rock,raga,jazz,dan garage rock.Asal muasalnya dari Inggris dan AS.Dan psychedelic ini lalu berkembang lagi menjadi musik metal.


Ciri-ciri umum dari psychedelic rock adalah :
-Biasanya lirik lagunya ngaco dan ngelantur,yang gue tahu sih "Lucy in the Sky with Diamonds"-nya Beatles.
-Ada gitar listrik yang melakukan feedback,wah-wah,dan fuzzboxes
-Adanya instrumen tradisional (misal:sitar atau tabla)
-Synthetizer

Musisi yang pernah mengambil genre psychedelic:
-Kebanyakan gan,, Klik ini aja ya

Semoga Bermanfaat !

0 komentar:

Posting Komentar